Jenis Jenis Narkoba Dan Efeknya

Standar

Setiap narkoba memiliki pengaruh yang berbeda, tergantung dari jenis apa yang digunakannya, ujar Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, PhD, FACP. Dan berikut beberapa informasi tentang narkoba beserta dampaknya atau efeknya dari berbagai jenis yang kebanyakan berada di pasaran yang sedang menyerang masyarakat, seperti telah diungkapkan oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) dan Prof Samsuridjal yang dikutip blogbintang dari detikHealth:

1. Shabu

shabu3A_net1

Jenis Shabu juga dikenal sebagai ice, ubas dan methamphetamine.

EfeknyaUntuk shabu-shabu biasanya hampir sama memberikan rasa gembira, yang sering terjadi orang pakai shabu-shabu kalau mendengar musik kepalanya jadi goyang-goyang seperti orang berdzikir,

Dampaknya, akibatnya, dan bahayanya yang ditimbulkan dapat mengalami urat saraf, perilaku abnormal,gangguan hati, ginjal, mudah bingung, senantiasa lapar dan susah tidur,mudah cemas dan marah.

2. Ekstasi

ecstasy_1b-500x344

Jenis ini juga dikenal sebagai sebagai inex, enak, cui iin, flash, dolar, flipper, hammer.

Sedangkan efeknya yang muncul adalah rasa cemas berlebihan, depresi, paranoid, hilang sensitifitas, akal sehat dan kesadaran. Namun kematian bisa terjadi jika ada gangguan pembuluh darah jantung dan pecahnya pembuluh darah otak.

Dampaknya, akibatnya, dan bahayanyayang ditimbulkan berupa kerusakan ginjal, hati, otak, kehilangan ingatan dalam jangka waktu lama, menggigil, berkeringat, tidak mampu berpikir, melihat dan menyelaraskan fungsi tubuh.

3. Kokain

kokain5-500x375

Jenis Kokain dikenal juga sebagai crack, daun koka, pasta koka.

Sedangkan efeknya adalah mudah marah, depresi, cemas, gelisah dan kehilangan gairah untuk melakukan sesuatu. Prof Samsuridjal menuturkan untuk kokain belum banyak penggunanya, tapi narkoba ini juga bisa merusak sel-sel otak.

Dampaknya, akibatnya, dan bahayanyamemicu serangan jantung, stroke, gagal ginjal, perilaku agresif, gemetar berlebihan, pandangan kabur dan halusinasi.

4. Heroin

heroin1

Jenis Heroin dikenal juga sebagai white, smack, junk, serbuk putih, medicine dan ubat.

Orang yang sedang sakaw heroin ini bisa sakit sekali, muncul keringat dingin, badan terasa dingin, kadang kasian sekali kalau melihatnya. Jika sudah pakai heroin maka sakawnya hilang, tapi kalau pengaruhnya sudah habis maka sel-sel di otak akan minta lagi dan timbul sakaw, jadi seperti lingkaran setan, ujar Prof Samsuridjal menjelaskan efeknya kepada pengguna.

Dampaknya, akibatnya, dan bahayanyabisa menyebabkan detak jantung lemah, sesak napas, kerusakan paru-paru, ginjal, hati, sulit tidur, mata dan hidung berair, tremor, diare dan muntah.

5. Ganja

ganja-500x342

Jenis Ganja atau dikenal juga dengan istilah marijuana, cimeng, gelek atau hasis ini memiliki dampak berupa depresi dan paranoid, gangguan persepsi dan berpikir, gangguan keseimbangan tubuh dan sulit konsentrasi. Ganja dapat membuat orang merasa segar, optimis,dan terkadang jadi berlebihan rasa gembiranya, banyak bicara dan lebih aktif. Tapi itu biasanya terjadi saat baru mulai memakai ganja, kalau dosisnya sudah tinggi tidak seperti itu lagi efeknya,.

6. Morfin

morfin

Sepeti kita tahu jenis morfin dalam dunia kedokteran sering dipakai sebagai obat penahan rasa sakit ataupun sebagai bahan pembiusan karena bekerja langsung pada sistem saraf pusat. Efeknya dari morfin adalah penurunan kesadaran, euforia, rasa kantuk, lesu dan penglihatan kabur.

Umumnya morfin menjadikan ketergantungan paling tinggi dibandingkan dengan jenis yang lain, dan pecandu dari morfin ini dilaporkan menderita insomnia serta mimpi buruk.

***********************************************

Semua jenis-jenis narkoba itu telah membuat generasi bangsa kita menjadi hancur total, satu-satunya yang diuntungkan hanyalah para pengedar saja. Blogbintang harap para pembaca sudah mengerti akan pengertiannya, penjelasannyadan tentu saja akibatnya atau efeknya atau bahayanya dengan informasi di bawah ini. Semoga artikel ini membantu orang-orang yang ingin terhindari dari penggunaan obat-obat terlarang, karena bagaimanapun juga jika sudah terkena akan sulit sekali keluar dari siksaannya. Memang untuk sesaat kita akan mendapatkan kebahagian, tapi ya itu hanya sesaat, setelah itu sebagian besar hidup kita hanya dalam penderitaan semata.

Sumber / Source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s